Sabtu, 15 Desember 2012

Musuh Allah Masuk Islam



              Pada malam itu, Abu Sufyan gundah gulana. Dia merasa setelah kegagalanya memperbarui Perjanjian Hudaibiyah dengan kaum Muslim Madinah.  Abu Sufyan bingung bagaimana caranya agar kaum Quraisy bisa terselamatkan.

Saat kebingunggan seperti itu,  Abu Sufyan bertemu dengan Abbas bin Abdul Muththalib yang sedang menaiki bagal (keturunan kuda dan keledai) putih Rasul.
"Celaka engkau, wahai Abu Sufyan! Lihatlah olehmu! Rasulullah Saw. datang bersama ribuan kaum Muslim! Berhati-hatilah kaum Quraisy pada pagi hari nanti!"
"Bagaimana caranya menghindar dari semua itu?" tanya Abu Sufyan.
"Demi Allah, jika Rasul berhasil menangkapmu, dia pasti memenggal lehermu.  Oleh karena itu, naiklah di belakang begal ini! Aku akan membawamu ke tempat Rasulullah Saw..," jawab Abbas

              Abu Sufyan menaiki Begal itu. Di tenggah perjalanan, mereka berdua berjumpa dengan Umar Bin Khaththab.
"Abu Sufyan, musuh Allah!" seru Umar
Umar segera mengejar mereka. Namun, begal yang dipacu oleh Abbas lebih dahulu sampai ke tenda Rasulullah Saw.  Abbas dan Abu Sufyan masuk ke tempat Rasul hampir bersamaan dengan masuknya Umar bin Khaththab.
"Wahai Rasulullah, ini Abu Sufyan, musuh Allah! Izinkanlah aku untuk memenggal lehernya," kata Umar
"Aku telah berjanji untuk melindungi Abu Sufyan," kata Abbas
"Wahai Abbas, pergilah dengan Abu Sufyan ke tendah peristirahatanmu dan mengahaplah kepadaku esok hari!" kata Rasul.

             Keesokan harinya, Abbas membawa Abu Sufyan ke hadapan Rasulullah Saw. "Celakalah engkau Abu Sufyan! Apakah belum tiba saatnya bagimu untuk mengetahui  bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah?"
"Demi Allah, sungguh aku telah meyakini seandainya ada Tuhan selain Alah, maka Tuhan itu pasti mencukupiku dengan sesuatu," jawab Abu Sufyan berkilah
"Apakah belum tiba saatnya bagimu untuk mengetahui bahwa aku adalah utusan Allah?"tanya Rasul tegas
"Demi Allah, di hatiku, masih ada ganjalan hingga saat ini."
"Masuk Islamlah engkau sebelum aku yang akan memenggal kepalamu!"kata Abbas
Akhirnya, Abu Sufyan pun bersaksi dengan syahadat yang benar dan masuk Islam di hadapan Rasulullah Saw. dan para sahabatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar